Sarapan pagi

Posted on April 6, 2005. Filed under: Sehari-hari - daily |

Pagi-pagi begini enaknya ngeblog tentang sarapan (ketauan deh kalo gue ini gembul). Ngomongin sarapan gue pasti langsung ngebanding2in antara sarapan waktu masih di Indonesia ama setelah gue terdampar di sini.

Waktu masih di rumah ortu, sarapan selalu teratur. Nyokap gue garang banget kalo sama yang namanya sarapan. Menurut dia, belajar baru bisa optimal kalo perut kenyang. Lagian dia nggak percaya sama mutu makanan yang disajiin di kantin sekolah, terserah mau itu lontong, nasi uduk, ato lainnya. Jadi ya..sebelom berangkat sekolah, semua harus sarapan di meja makan bareng2 ama ortu. Acara sarapan jadi bentuk kontrol sebenarnya, karena kita musti ngabisin semua yang ada di piring (dan gue selalu kena marah pagi2, karena gue dulu kalo makan kayak kucing, kagak pernah abis) dan musti makan dengan baik dan benar (sekali lagi, gue kena marah deh, abisnya gue kalo makan selalu berantakan).

Pas gue kelas 3 SMP, temen baek gue tinggalnya deket rumah, dan nyokapnya jualan nasi uduk. Semenjak itulah, gue sering banget nggak sarapan di rumah, tapi langsung ngacir ngejemput temen gue untuk berangkat sekolah bareng. Dan 9 out of ten, pas gue dateng temen gue itu belom siap. Lagi mandi lah, masih pake baju lah, dsb. Jadi ya gue manfaatin waktu nungguin dia buat sarapan nasi uduk bikinan nyokapnya. Gue rasanya punya hak istimewa waktu itu, abisnya gue nggak harus berebutan dengan anak SD, dan nasi uduk buat gue selalu dianterin ke rumah temen gue, lengkap dengan sambel dan tempe extra. Jadi gue bisa makan dengan tenang sambil ngomelin temen gue yang sibuk nyiapin diri buat ke sekolah. What a nice memory. Ampe sekarang gue masih inget kenangan itu, temen gue juga (dia kalo inget2 pasti ngedumel, nggak tahu kenapa..hehehe). Dan tiap gue pulang ke rumah ortu, gue selalu pesen nasi uduk buat sarapan pagi.

Masuk kuliah, gue musti pindah ke kota Bandung. Jauh dari ortu dan musti nge-kost. Sarapan jadi masalah! Abisnya gue sering banget telat bangun (Bandung dingin sih..jadinya susah bangun pagi..alasan..hehehe) dan sarapan nggak tersedia di meja makan kayak waktu di rumah ortu (baru kerasa kalo selama ini gue tergantung sama orang rumah dan dimanjain..jadi malu..). Tapi berhubung gue dibiasain ama nyokap buat sarapan pagi, perut gue selalu berontak kalo nggak diisi sebelom kuliah pagi, dan biasanya gue jadi bad mood abis! (Temen2 gue langsung ngacir kalo liat gue yang kelaparan pagi2 di kampus) Sarapan pun jadi ngacak2…kadang jam 8 pagi (ngunyah sambil jalan ke kelas buat kuliah pagi) ato jam 10 (abis kuliah langsung terbirit2 ke kantin dan ngembat apa aja yang keliatan di mata). Yang dimakan juga jadi beraneka ragam, roti pisang, cakwe, bakwan, risoles, crepe, martabak telor, tahu ato tempe goreng..pokoknya tipe makanan yang ama nyokap gue kagak pernah dimasukin ke dalam menu sarapan. (Mungkin gara2 kebiasaan makan gue ini gue jadi sakit lambung) Tapi di Bandung lah gue jadi kenal ama kupat tahu, tahu petis, lontong kari, bubur ayam…sarapan favorit gue! (Jadi kangen deh…)

Akhirnya gue pindah lagi, kali ini bukan pindah kota, tapi pindah benua. Nasib gue menentukan gue untuk tetep berstatus pelajar (nggak tahu sampe kapan…). Sarapan pun jadi ajang home sick. Kagak ada lagi nasi goreng bikinan nyokap, nasi uduk bikinan nyokapnya Irma, lontong kari Ciumbuleuit, bubur ayam simpang dago, kupat tahu balubur, Cakwe depan kampus, kupat tahu Kings, ato sekedar Indomie goreng pake telor ceplok bikinan bibik tati. Sekarang sarapan gue diisi dengan croissant, croissant au chocolat, pain au chocolat, biscotte pake nutella, tresse pake nutella, ato roti2 jenis laen. Adek gue, yang masih tinggal di Bandung, kalo diceritain langsung deh ngiler (perhatian, adek gue ini western mania, apa2 yang berbau barat pasti suka). Kagak sadar kalo dia itu beruntung banget bisa sarapan macem2, dengan berbagai rasa, mau pedes, asin, asem ato manis. Kalo sarapan di sini rasanya sama semua. Roti mulu..yang laen paling cuman isi rotinya, coklat, vanilla, almond, ato nature. Tapi menurut lidah kampung gue, tetep aja rasanya sama..as my mom would say..rasa susu!

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

One Response to “Sarapan pagi”

RSS Feed for Another try Comments RSS Feed

Wah pit cerita elo ttg makanan bikin ngilerr, jadi kangen makanan khas kita, slurpp.. (narik iler hehe..). Anyway, ngomong2 soal makan pagi, gua jarang sarapan disini, biasanya langsung makan berat sekalian makan siang..


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: