Apel dan bakso

Posted on April 18, 2005. Filed under: Komentar - Passing thoughts and opinions |

Apa coba hubungannya antara apel dan bakso? Mungkin kebanyakan orang bakal nyahut, kagak ada! Tapi sebenernya ada hubungan yang sangat menarik antara apel dan bakso. Dua2nya adalah jenis makanan (atau buah buat si apel) selingan di waktu2 yang bukan sarapan, makan siang atau makan malem (walau banyak yang makan bakso buat makan siang, antara para maniak bakso atau para pekerja yang nggak sempet kemana2 kecuali ke abang tukang bakso di depan kantor)

Saya kadang (8 out of 10) maniak bakso, tapi nggak sampe menggantikan menu makan siang dengan bakso. Bakso merupakan cemilan favorit saya, terutama pas ujan2 atau pas lagi pilek. Cobain deh makan bakso pake sambel cabe rawit satu atau dua sendok makan penuh, dijamin pileknya sembuh. (Warning: pas makan bakso, musti siap2 tisu satu gulung ato satu kotak) Kalo si pipit nggak ada di rumah sekitar jam 10 pagi ato jam 3-4 sore, cari aja di warung bakso, kemungkinan nemunya besar. Teman2 yang lagi maen ke rumah sore2 nggak jarang ngeliat si pipit bersama dengan pembantunya, mengejar2 tukang bakso grobak sambil ngejerit2 kayak orang kalap. Untung si abang bakso udah biasa, jadi nggak jantungan kalo udah dikejer2 kayak begitu.

Sampe di sini harus berhadapan dengan kenyataan pahit..boro2 tukang bakso grobak keliling, yang namanya warung bakso itu tidak eksis!! Baksonya sih ada, yang beku. Tapi kuahnya gimana dong? Masak mau ngemilin bakso begitu aja? Nggak afdol atuh, lagian udah dicoba. Mulut jadi berasa sapi (quote kata2 Sanny, salah satu temen baik saya, setelah makan bakso 2 mangkok) Tapi yang namanya laper manja tetep eksis. Jadi terpaksalah saya menggrogoti apel seperti layaknya orang2 di sini, kalau lapar di bukan jam makan muncul.

Pasti banyak yang komentar, emang apa salahnya makan apel? Kan enak, sehat lagi. Emang bener..tapi masalahnya saya ini orang kampung (Xaf’s new favorit words). Di Indonesia aja makan apel beberapa bulan sekali, abisnya apel kan mahal. Udah gitu yang dimakan juga apel merah yang rasanya manis dan garing..kruik..kruik (nyokap kalo milih apel yang harus bisa dijadiin senjata nimpuk maling!) Ritual makan apel pun harus dikupas dulu (bukan karena alasan lilin yang dilumuri di apel impor, tapi karena nyokap clean maniac), terus dipotong2 dan dibagi2 dengan seluruh keluarga. Dua (maks. tiga) apel ukuran sedang untuk sekeluarga. Pencuci mulut sehabis makan. Nggak ada yang namanya makan apel sendirian, kecuali kalo makannya nyumput2 atau di atas genteng. (Diancam dengan hukuman mengupas apel untuk seluruh keluarga)

Apel di sini macem2, beragamnya sama seperti beragamnya buah mangga dan pisang di Indonesia. Tapi satu yang sama, rasanya nggak manis kayak apel dari Australia yang nyokap sering beli. Ada mungkin, cuman saya nggak pernah nemu. Di sini apel umumnya asem2 manis (kata orang, kalo kata saya, kebanyakan asemnya). Udah gitu makan apel pun jarang yang dikupas dan dipotong, kan kulit apel baik untuk kesehatan. (Note di sini apel nggak dilumurin lilin, wong mereka nggak perlu impor). Apel cukup dicuci di keran, atau kalo nggak nemu keran, cukup digosok2 di baju (just for the sake of having cleaning activity, it doesn’t clean anything!) terus di..krauk!!

Inilah sumber dari keluh kesah saya tentang apel dan bakso. Apel di sini kebesaran buat saya. Tiap ngegigit apel, nggak pernah bisa kayak teman2 saya di sini, bisa bikin big chunk! Udah gitu sering banget gigi saya jadi berdarah dan langit2 mulut jontor. Dan saya sampai sekarang belum pernah bisa menghabisnya satu apel sendirian, selaper2 saya. Yang ada saya jadi sering buang apel yang nggak habis dimakan, rasanya sedih buang2 makanan. Tapi mau bagaimana lagi? Sisa apel setengah kan nggak bisa dikantongin.

Beda dengan bakso!! Saya bisa habis 2 mangkok sendirian (yang berani2 ikut nimbrung ke dalam mangkok bakso saya siap2 aja nerima sendok melayang), dan nggak pernah tuh langit2 mulut jontor habis menyantap bakso. Bibir jontor sih sering, abisnya saya suka nggak bisa mengira2 jumlah sambel.. Kalo aja ada warung bakso, musim dingin pun bisa jadi lebih menyenangkan. Kalo ujan aja nikmatnya segitu, apalagi pas musim dingin makan satu mangkok bakso Sony super pedes..ahh..Dan yang paling bikin nelangsa, harga satu mangkok bakso lebih murah dibandingkan satu buah apel!

Oh..bakso..saya kangen… Ditambah saya sudah 2 minggu pilek nggak sembuh2!!! Terserah orang mau ngomong one apple per day keeps you away from doctors, saya sih bilang one bowl of meatballs per day can also keeps you away from doctors. Dengan catatan, tiap hari ngejer abang tukang bakso keliling komplek.

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

2 Responses to “Apel dan bakso”

RSS Feed for Another try Comments RSS Feed

aduh.. ngiler deh.. pengen bakso deket kampus.. dengan sambel 1 sendok makan penuh.. (nelen ludah deh)

Pit, you know, di kantin deket rumah gua ada bakso loh (meat balls), walau masih kalah jauh ama Sony tapi lumayan hehehe.. Ada hal2 di kampung sendiri yang gak tergantikan memang🙂


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: