How to do internet research

Posted on June 3, 2005. Filed under: Kehidupan pelajar - Student life |

Mungkin banyak teman2 yang berpikir apa sih susahnya internet research? Cukup klik ini klik itu. Gampang. Internet browsing bisa dilakukan oleh siapa saya. Nggak perlu itu yang namanya pelatihan internet research. Memang benar, internet browsing itu gampang, tidak perlu pengetahuan khusus. Tapi apakah semua tahu bagaimana melakukan internet research yang effisien dan efektif? Sebagai asisten peneliti yang tugas utamanya melakukan research melalui internet, saya mau berbagi tips yang mungkin bisa berguna untuk teman2. Sekaligus ‘menjawab’ berbagai pertanyaan tentang info kampus dan kuliah di luar negeri (iya..masih membahas tentang ini..sorry guys).

So..how to do internet research?

Internet menyajikan beragam informasi. Di satu sisi ini menguntungkan karena kita bisa menemukan hampir apa saja di internet, tapi di lain pihak membuat usaha pencarian kita kadang seperti mencari jarum di tumpukan jerami. Google adalah mesin pencari yang handal, tapi kadang orang sudah malas duluan melihat banyaknya link yang disediakan oleh google untuk kata kunci yang kita berikan. Jadi tips pertama, pilihlah kata kunci yang benar-benar mempersempit pencarian data. Jangan ragu2 untuk menggunakan tanda ‘+’. Contohnya, bila ingin mengetahui tentang kampus di dan beasiswa ke Australia..ketik saja: university + Australia + scholarship. Atau kalau ingin jurusan tertentu tinggal ditambah : university + Australia + Political Science + Master.

Tips kedua, jangan keder duluan kalau melihat ada ribuan data entry. Inilah salahnya manusia, maunya terima beres. Maunya menerima clean data. Klik 20 data entry pertama. Dan waktu membuka page jangan cuma scanning doang (melihat dengan sekilas). Informasi yang disediakan oleh halaman internet harus dibaca dengan teliti, dan links yang disediakan di samping kiri kanan atau atas bawah musti dilirik juga. Kadang informasi yang kita butuhkan tidak langsung disajikan oleh webpage yang direfer oleh google, tapi disajikan di links yang disediakan oleh homepage yang bersangkutan. Jangan malas untuk meluangkan satu jam atau lebih untuk menjelajahi homepage. It takes time to do research!!

Karena waktu yang dibutuhkan untuk research itu cukup panjang, sebelum mulai internet browsing sangat dianjurkan untuk bikin list tentang apa yang ingin dicari. Konsentrasi ke apa yang ingin dicari, jangan lirik kanan kiri ke homepage yang lebih menarik tapi tidak berkaitan dengan research.

Saya anjurkan pula untuk lebih selektif dalam memilih sumber informasi. Pilihlah homepage resmi, jangan homepage independent yang tidak jelas sumber informasinya darimana. Hal ini sangat penting bagi teman2 yang melakukan akademik research. Jangan mentang2 ada di internet terus ditelan mentah2. Semua data harus ditelusuri asalnya. Bila tidak dicantumkan sumber data lebih baik cari sumber yang lain. Jadi buat info kampus, gunakan homepage kedutaan dan homepage resmi universitas yang bersangkutan. Untuk academic research, gunakan homepage resmi organisasi internasional, jurnal, media cetak, atau badan peneliti nasional. To name but a few:

http://www.cia.gov/
http://www.worldbank.org/
http://www.imf.org/
http://www.un.org/
http://www.jstor.org/

Jangan lupa lirik links yang mereka sediakan, karena kadang mereka menyediakan links organisasi atau badan2 yanng lain, yang terkait dengan aktivitas organisasi tersebut.

Alamat internet berbagai pusat penelitian dan organisasi internasional ini juga tersedia di internet. Tinggal buka google dan ketik nama atau jenis organisasi yang dikehendaki. Ingat kata kunci juga harus spesifik. Contoh: research centre + politics + security atau tinggal ketik World Bank.

Satu syarat yang wajib, menggunakan google SANGAT dianjurkan untuk memberikan kata kunci dalam bahasa Inggris. Penggunaan bahasa Indonesia sayangnya membatasi data entry dan research scanning hanya ke sumber informasi berbahasa Indonesia.

Jadi selamat melakukan internet browsing. Siapkan kamus bahasa Inggris, air putih (biar tidak dehidrasi), dan pastikan anda dapat melihat screen komputer dengan jelas. Hindari melakukan research berjam2 dengan penerangan yang remang2, tidak baik untuk mata. Dan jangan lupa melemaskan otot bahu dan lengan setelah berjam2 ber-browsing ria.🙂

It takes more time to finish a job well. As I always say, better spend more time but having the job well-done than to do things quickly but artificially, and then have to go back to it again. A good research is the one that has been checked and double-checked. Informations, just like most of things in life, are not served on golden plate, you have to look for it, work for it, and work on it.

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

4 Responses to “How to do internet research”

RSS Feed for Another try Comments RSS Feed

tips yang bagus! bisa langsung dipraktekkan nih🙂

Wow … tips-nya sangat membantu, terimakasih.

Simple tapi kena…
tambahan..kalau lupa bawa kamus pake kamus
dot net
sipp..makasih juga


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: