Pesta murah dan benar-benar meriah

Posted on August 26, 2005. Filed under: Sehari-hari - daily |

Siapa sih nggak suka diundang pesta? Mungkin jarang. Tapi mungkin banyak yang sebal kalau harus mengadakan pesta atau jamuan makan. Kerjaannya itu lho, banyak banget. Harus menyiapkan menu, memasak, memikirkan suasana, menyiapkan peralatan makan yang pantas, dsb. Kalau nyokap udah mengumumkan kalau dia akan mengundang teman-temannya untuk acara arisan atau sekedar makan siang/malam bersama, saya sudah lemas duluan.

Sampai di sini saya kemudian dikenalkan dengan jenis pesta yang diberi nama Buffét Canadian. Pesta yang mengakomodasi kebiasaan para muda-mudi di sini yang senang rame-rame, namun tidak menguras kocek mereka yang sudah sangat dangkal.Buffét Canadian itu pesta dimana setiap undangan harus membawa makanan atau minuman. Jadi si tuan rumah tidak perlu masak seabrek-abrek, dan menghabiskan budget bulanan, untuk bisa mengadakan pesta dan kumpul dengan teman-temannya.

Para undangan diberi pilihan mau membawa salé (asin), sucré (manis) atau minuman (alkohol atau non-alkohol). Asin itu jenis makanan berat, pembuka, atau makanan ringan yang bukan kue. Manis itu biasanya pencuci mulut istilah kerennya dessert.

Selain menyiapkan makanan, tugas si penyelenggara acara adalah memastikan bahwa jumlah makanan yang asin dan manis seimbang. Tugas yang tidak gampang, terbukti hampir semua buffét canadian yang saya kunjungi pasti 'berat sebelah'.

Pesta ini benar-benar praktis. Tuan rumah hanya perlu memasak beberapa jenis makanan dengan kuantitas yang tidak berlebih-lebihan, dan peralatan makan pun cukup yang bisa langsung dibuang. Jadi tidak perlu sampai memperkaryakan pembantu sebelah untuk membantu mencuci piring. Dan kadang tuan rumah bisa meminta undangannya untuk memasak kesukaan si tuan rumah. Saya pasti diminta memasak bakmi goreng atau sate ayam, orang Eropa paling seneng sama kecap manis..heran.

Lagipula, yang dimakan pun jadi meriah. Setiap tamu bisa mencicipi berbagai makanan (kadang sampai 10 jenis sekaligus) dalam satu malam. Kebayang dong serunya mencicipi salad kentang, salad pasta, polpette (bakso ala Itali), empenadas (perkedel kentang ala Spanyol), bakmi goreng, gratin de pomme de terre (skutel kentang yang dilumuri keju), dan berbagai daging yang dimasak dengan khas berbagai negara atau daerah.

Yang lebih seru waktu mencicipi pencuci mulut. Saya pernah mencicipi 2 jenis chocolate cake (ala Austria dan ala Perancis), 2 jenis Tiramisu (yang pakai coklat bubuk atau coklat cair), lemon cake, apple pie, roseberry pie, pear pie, green tee cake, dan ice cream, hanya dalam satu malam! Gratis pula.

Coba kalau ada sistem seperti ini di Indonesia, mungkin calon tuan rumah tidak akan pusing kepala. Kita pun mungkin bisa mencicipi berbagai masakan khas daerah nusantara dan menikmati keahlian memasak setiap teman kita. Kocek tetap tebal, silahturami terjaga, pengalaman kuliner bertambah, dan yang pasti tetap having fun!

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

4 Responses to “Pesta murah dan benar-benar meriah”

RSS Feed for Another try Comments RSS Feed

aku pernah bikin pesta gitu juga, dari berbagai macam daerah.
Yg sering berlebih-lebihan kalo pesta itu ya di negara kita.
kalo orang sini, masing2 bw sepiring, apa aja, camilan kek, kalo yg dateng 10 org udah cukup kenyang kok!
Ngomong2 di Geneve kebanjiran ga? soalnya aku liat di berita…

Belum pernah sih ikutan pesta gini, kalau disini yang sering acara kumpul2 tuh paling BBQan.. tapi host nya yang menyediakan semua.

Nice blog… but I got a nicer one, you can earn money. Believe me! I just started today and got 9 USD. Come on, let’s try it!


~MoNeY~mOnEy~MoNeY~Online…

Thanks, bye!

Yuummm .. jadi laper deh Pit baca postingan kamu .. Iya, kalo pesta begitu enak banget, we have it here several times, BYOB kind of thing, malahan makanannya jadi berlimpah banget dan jadi bisa bawa pulang jenis makanan lain. BTW, how bad is the flood ? I saw on TV …


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: