Kursusan English Grammar: Continous Tense

Posted on April 22, 2006. Filed under: Kursus bahasa Inggris |

Kali ini saya mau membahas beberapa struktur kalimat dalam bahasa Inggris yang menggunakan verb+ing. Tense yang menggunakan verb+ing ini ada 3:

– Present continous tense : Subyek + to be + verb (ing)
– Past continous tense : Subyek + was/were + verb (ing)
– Past perfect continous tense : Subyek + has/have + been + verb (ing)

Kalau dilihat ada satu kata yang menunjukkan keistimewaan penggunaan verb (ing), yaitu continous. Artinya, kalimat yang menggunakan verb (ing) ingin menceritakan atau menggambarkan sebuah kegiatan yang kontinu, yang berlangsung dalam jangka waktu tertentu secara berkelanjutan.

Present continous tense
Digunakan untuk kegiatan yang SEDANG dilakukan, yang dimulainya baru saja, dan masih akan dilakukan untuk beberapa waktu.

Contoh: I am eating lunch.

Bisa diartikan, lagi makan siang dan di piring nasinya masih setengah. Jadi masih akan menghabiskan makan siang dalam beberapa menit lagi.

Nah kalau ceritanya pas malam-malam, tinggal dirubah I was eating lunch at Japanese restaurant, misalnya. Ini artinya makan siangnya kan berlangsung untuk suatu periode waktu di masa lampau, dari jam 1-2 siang misalnya. Pada waktu makan siang pun kegiatan menyantap hidangan berlangsung secara kontinu bukan? Tidak menyuap nasi terus lari ke ruangan sebelah untuk membalas email, terus balik lagi ke ruang makan, menyuap nasi, kemudian disambung dengan mengantarkan teman ke pasar, dst.

Jadi past continous tense digunakan untuk menggambarkan suatu kegiatan yang berlangsung secara kontinu pada waktu lampau. Kegiatan tersebut dimulai di masa lampau (jam 1 siang) dan berakhir di masa lampau juga (jam 2 siang) dalam sebuah durasi waktu (satu jam, dari jam 1 – 2 siang).

Lalu bedanya apa dong dengan past perfect continous tense? Bedanya terletak pada selesai tidaknya kegiatan yang digambarkan. Jadi kalau dikau makan siang dari jam 1 siang, dan ketika jam 3 siang masih juga menyantap berbagai hidangan, ketika ditanya sedang apa harusnya menjawab: I have been eating lunch since 1 pm.

Kegiatan yang dimulai di masa lampau (setahun, sebulan, sehari, sejam yang lalu, atau bentuk waktu yang lain) dan masih sedang dilaksanakan saat ini, diceritakan dengan past perfect continous tense.

Rumus gampang untuk mengingat harus menggunakan tense yang mana:
1. Untuk semua kegiatan yang berlangsung secara kontinu, selalu gunakan continous tense.
2. Untuk kegiatan yang sedang dilakukan detik ketika kalimat diutarakan atau ditulis, gunakan present continous tense.
Ex: I am typing a writing on English Grammar.
3. Untuk kegiatan yang dimulai di masa lampau, lihat apakah kegiatan tersebut sudah selesai atau belum. Kalau sudah selesai, gunakan past continous tense; kalau belum, gunakan past perfect continous tense.
Ex 1.: I was sleeping last night from 10 pm to 8 am.
Ex 2.: I have been trying to post something new on my blog since this morning.

Jadi, kalau pacar tiba-tiba bilang I was loving you, jangan keburu seneng dulu. Itu artinya cintanya udah selesai. Yang ingin beromantis ria juga jadi harus lebih berhati-hati dalam merayu. I have been loving you berbeda jauh dengan I was loving you.🙂

Sekarang pertanyaannya, apa bedanya simple present tense dengan present continous tense? Kan sama-sama ingin menceritakan kegiatan yang berlangsung pada saat ini.

Yang bisa menjawab dengan memberikan penjelasan yang mantap, tulisannya akan saya pamer di sini, atau silahkan dibahas di blog yang bersangkutan. Kan jadinya seperti berbalas pantun.🙂

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

15 Responses to “Kursusan English Grammar: Continous Tense”

RSS Feed for Another try Comments RSS Feed

do you like monkey?

Yes, I’m Like Monkey ! Hah!!!

simple present tense vs present continuous tense?

i read a book vs i am reading a book?

simple present tense kebanyakan dipake untuk sesuatu yang habitual, menjelaskan kemampuan juga menjelaskan sesuatu yang dilakukan berulang-ulang *halah itu habitual yak?

intinya gini waktu bilang i read a book you don’t necessarily bilang gitu pas lagi pegang bukunya. bisa aja pas ngobrol kamu sedang gendong koala.

lain kalo bilang i am reading a book. you are actually holding the book or the book is in front of you.

kayaknya gitu sih.

*koala dua laporan! selesai!*

Prsent tense : You like bakso,
Present continuous : You are like bakso

Kapan atuh Pipit menjabarkan Passé Historique dan Subjonctive Imparfait?
Been waitin’

LOL

fahmi njengking.
pake -ing toh? halaaahhh… :p

Wah wah kalau pakai wordpress (dgn fitur category), blog elo ini cukup lengkap pit🙂

ditunggu kursusan berikutnya!😉

Johan sama Hericz satu idea nih.🙂 Hemm..kapan-kapan kayaknya perlu membahas penggunaan kata ‘like’ nih.🙂

Nana: Aduh…koala manolo, pintar sekali dikau. Menang deh, nanti kadonya tak kirim ke Bali ya..itu lho, yang kita gosipin kemaren-kemaren..hihihi.

Macchi: Permintaannya tega deh. Ini bahasa Inggris aja masih ngap-ngapan sudah disuruh membahas Passé Historique..tegaaa…

Mimimama: njengking itu apa toh? Maaf, memang tidak gaul saya ini…hihihi

Wira: Siap pindahan Wir? Udah kepikiran sih, tapi berhubung teknisi gue udah nggak di Singapore lagi, nanti yang mindah-mindahin siapa dong? *puppy eyes*

Imponk: Terus yang ngasih kursusan dapet honor nggak ‘mponk? hihihi..:)

boleh tidak aku ikutan di sini untuk menanyakan masalah bahasa inggris

Apa bedanya Simple Present Tense dan Present Continuous Tense? Oh ya jelas beda dong.
1. Tulisannya aja udah beda banget kan.. hehehehehehe….

2. Intensitas atau kadar sering ato tidaknya kegiatan itu dilakuin, itu yang ngebedain antara simple present tense dan present continuous tense.

Kalo Simple Present Tense itu menceritakan kegiatan yang berlangsung saat ini, tapi kegiatan itu bakal terus dilakuin sama yang ngelakuin.

e.g: Tejo visits Surti’s house every Saturday night.

–> itu artinya, si Tejo itu ngunjungi rumah Surti saban malam minggu. Nah, kegiatan itu dilakuin terus saban malam minggu, terus menerus dan kemungkinan bakal terus dilakuin. (Mungkin aja kalo si Tejo gak dateng malam minggu, bakal diputusin ama si Surti, so si Tejo bakal terus apel ke rumah Surti saban malem minggu biar hujan badai datang) Jadi, kemungkinan dilakukannya kegiatan tsb secara terus menerus, sangat besar. Pokoknya, kegiatan itu (si Tejo dateng ke rumah Surti) bakal terus dilakuin, dan itu bisa dipastiin.

e.g: The moon moves around the earth.
–> bulan itu ngelilingi bumi, itu dah jelas. gak ada yang bisa ngebantah, kan? nah, si bulan itu terus ngelilingi bumi tanpa berhenti, jadi dia tuh terus ngelilingi bumi tanpa henti. Kegiatan si bulan ngelilingi bumi itu kan sering dilakuin, hampir saban hari toh? jadi ya pake simple present tense karena kegiatan itu dilakuin tanpa berhenti, dan karena adanya kemungkinan yang besar kalo tuh kegiatan bakal terus dilakuin di masa depan.

Lhaa… kalo present continuous tense, itu dipake kalo kegiatan itu cuman dilakuin saat itu doang. gak saban hari. kita juga gak tau apa kegiatan itu bakal dilakuin lagi besok ato gak. so, kemungkinannya buat dilakuin lagi itu gak bisa diketahui.

e.g: Tejo is visiting Surti’s house
–> si Tejo itu SEDANG ngunjungi rumah si Surti. Mungkin aja guru di sekolah nitip surat buat nyokapnya si Surti. Terus si Tejo disuruh ke rumah Surti. Lha tapi apa si Tejo bakal terus-terusan ke rumah Surti buat ngasih surat? Gak kan? emang saat ini si Tejo ke rumah Surti, tapi besok besok ya gak tau apa itu anak mau disuruh ke rumah Surti lagi apa gak.

e.g: Commet Halley is flying accross the sky.
–> Sekarang, komet halley keliatan lagi melintasi langit. Lha tapi apa itu komet terus bolak-balik melintasi langit? kan gak. itu komet lagi melintas dan kita kebetulan ngeliat. dilakuin cuman sekali, dan kok ya kita kebetulan ngeliat itu komet melintas di langit. gitu

SO, kalo kegiatannya itu terus berlangsung berulang ulang, ya pake simple present tense. tapi kalo kegiatan itu berlangsungnya cuman sekali, dan kita pas di sana saat terjadi, ya pake present continuous tense. gituuu…

[…] countinues tense, yang sudah saya jelaskan sedikit di sini ternyata bisa digunakan untuk menandakan rencana seseorang. Caranya cukup dengan menambahkan […]

simple present tense used for habit(kebiasaan),general truth(kenyataan mutlak),and identification.
but present continuos tense for something in progress and something temporary.

nich saya ksi rumus’nya sedikit:
simple present tense=
(+)S+verb1+Object
(-)S+auxiliary+not+verb1+Object
(?)auxiliary+subject+verb1+object?

present continuos tense=
(+)s+auxiliary+v.ing+o
(-)s+auxiliary+not+v.ing+o
(?)auxiliary+s+v.ing+o?

she let go song
she let ball long
men chair red
teruskan sendiri sesuai kreativitas anda!!!

Hi…, sy bth bntuan nih.. ada gak yg bisa jelasin phrase ‘go traveling’ bgmana proses terjadinya? v+v+ing spt itu apa bentuk gerund or not? bls d emailku ya. thanks alot sblumx.

Reviewnya mantep. Cuman, ati2 kalo mo pake stative verbs seperti: love, understand, think, have, possess, own, taste, feel, dst. Penggunaan “love” dalam bentuk continuous cuman ada di lagu; tujuannya pun agar sesuai dengan ketukan lagu.

And, di footer anda, napa pake past tense? (Liked it here?) bukan simple present tense?


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: