Kursus bahasa Inggris: Kegunaan lain continous tense

Posted on September 21, 2007. Filed under: Kursus bahasa Inggris |

Akhirnya, setelah lama absen, saya mau menulis lagi tentang kursus bahasa Inggris. Iya, masih tentang continous tense. Ternyata, setelah ngeliat contekan ada beberapa hal yang sangat menarik tentang si continous tense yang saya sendiri juga kurang sadar.

Present tense with a future meaning: penggunaan present continous tense untuk menyatakan suatu rencana yang akan dilakukan pada masa yang akan datang.

Lho kok?

Iya..present continues tense, yang sudah saya jelaskan sedikit di sini ternyata bisa digunakan untuk menandakan rencana seseorang. Caranya cukup dengan menambahkan keterangan waktu di masa depan.

Contoh: I am watching a movie with my friends this evening.

Nah, dengan menambahkan keterangan this evening, ini menandakan suatu rencana. Beda bila kita hanya bilang: I am watching a movie, yang menggambarkan kegiatan menonton film saat ini juga.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan “going to”. Jadi, kita bisa juga mengatakan I am going to watch a movie this evening with my friends.

Beda antara penggunaan keduanya secara grammatical hampir tidak ada, karena keduanya sama-sama menerangkan suatu kegiatan yang akan dilakukan pada masa yang akan datang. Tapi dalam penggunaan ada nuansa yang berbeda. Menurut contekan saya, “going to” digunakan bila kita sudah memutuskan/berniat (intend) untuk melakukan suatu kegiatan tertentu; dimana niat tersebut sudah diputuskan sebelum kita bicara dan bisa segera dilaksanakan. Present continous tense digunakan bila kita ingin menceritakan suatu rencana (arrange) untuk melakukan kegiatan tertentu.

Contoh:

1. I am meeting a friend tonight.

2. I am going to sleep early tonight.

Nah…di contoh pertama, saya berencana untuk bertemu dengan seorang teman, sedangkan di kalimat kedua saya memang sudah berniat untuk tidur lebih awal malam ini, misalnya sejak tadi siang, dan baru menceritakan niat saya tersebut sekarang. )

Kalau begitu kenapa tidak menggunakan future tense saja?

Menurut buku panduan saya penggunaan future tense untuk sesuatu yang sudah kita rencanakan tidak pas. Saya rasa kata kuncinya adalah personal arrangement, rencana pribadi (yang sudah diputuskan). Untuk personal arrangement, gunakan present continous tense + keterangan waktu (masa depan).

Contoh:

1. She is getting married next month. Dalam kalimat ini kita sudah terima undangan pernikahan dan menceritakan rencana pernikahan tersebut kepada orang lain.

2. They will marry after graduation. Di kalimat ini belum ada rencana pasti kapan si they bakal menikah, jadi kita bisa menggunakan future tense.

“Going to” juga bisa digunakan untuk menggambarkan suatu prediksi yang menurut si pembicara sudah pasti akan terjadi. Misalnya, kita lihat awan mendung dan petir sudah menggelegar kita bisa bilang: it is going to rain.

Terakhir, “going to” digunakan untuk menceritakan suatu niat yang tidak terlaksana di masa kini. Contoh: I was going to shop but in the end decided to stay home.

Banyak kan kegunaan si “going to” dan continous tense. Singkatnya:

1. Untuk menceritakan suatu niat (intention) yang akan dilaksanakan di masa depan dimana niat tersebut sudah diputuskan (have decided) sebelum berbicara gunakan: S+ to be + going to + verb

2. Untuk menceritakan suatu niat di masa lampau yang tidak terlaksana di masa kini gunakan: S+ was/were + going to + verb

3. Untuk menceritakan suatu rencana (arrangement) yang sudah diputuskan untuk dilaksanakan di masa yang akan datang gunakan: S + to be + verb + ing + time

4. Untuk menceritakan suatu prediksi yang menurut kita pasti akan terjadi gunakan: S + to be + going to + verb

Kembali, pengunaan present continous tense dan “going to” tidak memiliki perbedaan grammatical mendasar, hanya dalam nuansa. Jadi tidak perlu terlalu “takut” dalam menggunakan keduanya.🙂

Terus terang, sebelum lihat contekan saya hanya pakai perasaan, dan sekarang akhirnya tahu penggunaan yang lebih tepat untuk keduanya. Semoga penjelasan ini berguna juga bagi anda.

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

12 Responses to “Kursus bahasa Inggris: Kegunaan lain continous tense”

RSS Feed for Another try Comments RSS Feed

hello pipit, it’s very informative posting. Cuma kalo aku seringnya ngomong disamain pake will or going to terus utk activity yg dah pasti or yg baru rencana. Mungkin antar mulut ku dan otakku nih mesti kompak utk ngomong sesuai tense he2.. kadang butuh waktu dan latihan, maklum deh masih ngendonesah banget ya.

I am watching a movie?

sudah lama tidak melihat pipit memosting🙂

btw, “I am wacthing movie with my friends this evening.”

Yulini: Saya juga dulu kurang sadar dengan perbedaan keduanya. Kalau ngomong pakai feeling. Gara-gara ngeblog jadi sadar dan jadi tambah ilmunya.🙂

Mahli: Aduh..makasih banget. Seneng punya pengamat seperti mahli. Kalau boleh ngeles, sewaktu posting tulisan ini, wordpressnya kacau. Sampai harus menulis 4 kali. Berhubung saya keras kepala tetep aja dicoba untuk diselesain, dengan hasil ya salah-salah seperti ini..hihihi.🙂

jadi inget waktu kursus LIA dulu`.😛
kemana aja ya gue waktu teacher nya neranging tenses…

*sampe sekarang tetep make inggris yang belepotan😀

«Untuk menceritakan suatu niat di masa lampau yang tidak terlaksana di masa kini gunakan: S+ was/were + going to + verb»

i was planning to travel in Switzerland the whole year!
berisi informasi, action “planningnya” terlaksana.
ehehe, alors?

ciao dari jakarta nan penuh timbal ini
unmacchiato.blogspot.com

Wah menarik nich. Bagus buat di-sharing. Kalau menurut pengetahuan saya, perbedaan mendasar antara Future Tense dari “going to” dan “present cont” adalah kalau going to digunakan untuk rencana masa depan yang tidak melibatkan orang lain misal: I’m going to sleep. Sementara penggunaan present cont. untuk rencana masa depan yang melibatkan orang lain, misal: We’re meeting next morning.

Menurut pengetahuan saya ada dua cara untuk melakukan prediksi, salah satunya sudah disebutkan di dalam artikel. “Going to” digunakan untuk memprediksi sesuatu yang memang sudah jelas di depan pandangan kita, misal kita sedang menonton pertandingan di TV kita berkata, “I think they’re going to win, because they’re playing better.” Tapi kita menggunakan “Will” untuk memprediksi sesuatu berdasarkan perkiraan semata, I think they will win because they have a better team (pertandingan belum berlangsung).

Sekedar sharing. Terima kasih buat artikelnya, jadi belajar lagi, udah lama gak belajar grammar🙂

bagus pelajarannya

makasih ya

mbak to be going to bukannya future tense
seperti yang tadi mbak bilang will belum pasti
sedangkan going to sudah pasti tapi masuknya
future tense bukan continuous tense

Hi, I like your posts, particularly those in this topic.

udah lupa itu pelajaran kelas berapa


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: